Pelaksanaan Program Kemitraan dan Bina Lingkungan baik dananya berdasarkan dari Saldo penyisihan Laba setelah pajak maupun dari anggaran yang diperhitungkan sebagai biaya, dapat disalurkan secara bersamaan, namun pelaporannya dibukukan secara terpisah. Perubahan dari program kemitraan dan bina lingkungan yang dananya bersumber dari penyisihan Laba setelah pajak tetap dilaksanakan secara terpisah dari pembukuan Perusahaan. Pembukuan dana program kemitraan dan bina lingkungan yang dananya bersumber dari anggaran yang diperhitungkan sebagai biaya, dilaksanakan sesuai mekanisme pembukuan perusahaan.

 

Kelompok Usaha

Terbentuknya kelompok usaha mitra binaan karena lokasi ataupun jenis usaha yang dijalankan. Kelompok yang telah terbentuk antara lain, kelompok peternak sapi perah Pondok Rangon, kelompok industri tahu/tempe Kampung Jati Rawamangun, kelompok pedagang pasar Sukapura, kelompok pedagang pasar PSPT Tebet. Hal ini untuk mempermudah dalam pengawasan dan pembinaan.

Kegiatan :
- Penyaluran Dana Pinjaman kepada 135 Mitra Binaan dan 50 Mitra Binaan UKM Jabodetabek.
- Pelatihan business treatment sebagai pelatihan motivasi bagi mitra binaan dan pemahaman dalam pengelolaan usaha dan pembukuan usaha secara sederhana bekerjasama dengan PT. Mulia Visitama Indonesia.

 

Bina Lingkungan

Dewasa ini kesadaran akan masyarakat atas lingkungan sudah meningkat. Masalah pencemaran sudah banyak menarik minat dan perhatian dari semua kalangan. Setiap pemerintah daerah mewajibkan perusahaan – perusahaan ikut turut berperan serta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan sekitar beserta masyarakat.

Kegiatan :
Pembinaan kepada lingkungan masyarakat sekitar perusahaan melalui bantuan pendidikan, peningkatan kesehatan, bantuan dana pembangunan dan operasional sarana ibadah, pembangunan prasarana dan sarana umum.

Program pengentasan kemiskinan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat disekitar perusahaan yaitu :
- Pembangunan Depot air mineral untuk mendistribusikan air minum bersih untuk kaum dhuafa bekerjasama dengan Yayasan Harapan Umat (HARUM) Jakarta di Kampung Sawah Cilincing Jakarta Utara, dengan memberdayakan pemuda putus sekolah sehingga mereka dapat mandiri dan mendapatkan penghasilan.
- Budidaya Hydroponik dan ikan lele kelompok tani Rumah Susun Marunda bertujuan agar penghuni rumah susun tidak kembali ketempat asalnya dan mereka mendapatkan penghasilan dari kegiatan budidaya hydroponik dan ikan lele.
- Pemberdayaan ibu-ibu PKK melalui Kelompok Usaha Bersama (KUBE) melalui kegiatan pembuatan kue dan telor asin yang mudah didapat dari peternak bebek yang berada disekitar perusahaan.
- Pembinaan untuk kelompok atau rumah belajar dan PAUD yang berada disekitar perusahaan bertujuan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) bagi masyarakat sekitar perusahaan.

Sebagai kepedulian perusahaan terhadap masyarakat disekitarnya dan untuk peningkatan kesehatan telah dilakukan kegiatan bakti sosial dalam rangka HUT PT.KBN (P) ke 28 tahun 2014 antara lain :
- Pengobatan gratis untuk masyarakat sekitar perusahaan terdiri dari 7 (tujuh) wilayah lokasi dengan jumlah penerima bantuan sekitar 2.082 orang dan 53 Pos Yandu.
- Kegiatan sunatan massal yang diikuti oleh 25 orang anak disekitar perusahaan.
- Dan kegiatan donor darah dengan jumlah pendonor sebanyak 100 orang.