Sinergi PT. KBN (Persero) dan PT. PLN (Persero) Dalam Pemanfaatan Lahan Guna Menunjang Program Nasional

blog post

Bertempat di PT. KBN (Persero) telah dilakukan penandatanganan kerjasama antara PT. KBN (Persero) dengan PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat, penandatangan tersebut dilakukan oleh Direktur Utama PT. KBN (Persero) HM Sattar Taba dan GM PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat Ratnasari Sjamsuddin, dan disaksikan oleh para GM PT. KBN (Persero).

Kerjasama tersebut terkait penggunaan tanah industri (PPTI) hak pengelolaan antara        PT. KBN (Persero) dan PT. PLN (Persero) yang berlangsung selama 30 tahun, terhitung sejak tanggal 16 Juni 2020 sampai 15 Juni 2050. Pembangunan tower T.42 - T.46 (5 tower) Sutet 500 KV Tanjung Priok - Muara Tawar di lahan C.03 KBN Marunda seluas 1.125 M2, proyek ini merupakan Proyek Transmisi 500 KV Looping Jakarta Section Kembangan – Duri Kosambi dan Section Duri Kosambi – Muara Karang PT. PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat.

Proyek tersebut merupakan pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan melalui program 35.000 megawatt (MW) yang bertujuan untuk meningkatkan keandalan penyaluran tenaga listrik untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya dan juga untuk menyalurkan energi murah dari pusat-pusat pembangkit yang berada di utara Jawa sehingga diharapkan dapat menurunkan biaya pokok penyediaan tenaga listrik. Pembangunan ini pun ditujukan untuk melayani kebutuhan masyarakat melalui sistem jaringan transmisi dan gardu induk PLN di DKI Jakarta dan sekitarnya. (*)