Penyemprotan Disinfektan, Menaker Libatkan Korban PHK

blog post

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melibatkan para korban PHK dalam penyemprotan disinfektan mencegah virus corona di Kawasan Berikat Nusantara (KBN), Jakarta Timur, Kamis (26/3). Pelibatan pekerja yang ter-PHK didampingi tenaga profesional.

Ida berharap program menggandeng korban PHK itu dapat diikuti banyak pihak, khususnya dunia industri.

"Kegiatan ini menjadi salah satu bentuk motivasi untuk memberdayakan teman-teman ter-PHK dengan berbagai cara. Kita berharap banyak pihak bisa melakukan hal yang sama bagi pekerja yang terdampak Covid-19," kata Ida Fauziyah dalam siaran persnya.

Pelibatan itu dilakukan Ida agar para korban PHK mendapat penghasilan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu bagian program padat karya yang dilakukan Kemenaker.

Dia mengatakan program padat karya ini dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan dan potensi masyarakat setempat.

"Kami beri insentif untuk melakukan penyemprotan. Sebelum menyemprot mereka dilatih dulu, dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) dan didampingi oleh instruktur profesional," kata Ida.

Kegiatan penyemprotan disinfektan di area kerja perusahaan ini mendapat respons positif dari para pekerja yang terkena PHK. Salah satunya adalah Juni Adinato, pria asal Malang, Jawa Timur.

Juni mengaku senang ikut dilibatkan dalam upaya pencegahan virus corona di perusahaan. Saat ini dirinya masih berupaya mencari pekerjaan usai terkena PHK.

“Hingga saat ini saya masih mencari pekerjaan. Kegiatan ini tentunya sangat membantu. Saya juga berpesan kepada semua teman pekerja agar benar-benar bekerja sama mencegah penyebaran virus corona terutama di tempat kerja,” kata Juni. (*)