PKBL KBN Salurkan Rp 2,3 Miliar di Periode IV Tahun 2019

blog post

Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) PT. Kawasan Berikat Nusantara (Persero) menyalurkan dana bergulir periode IV tahun 2019 di kantor pusat PT. KBN (Persero), Cakung, Jakarta pada Selasa, 7 Januari 2020. Dana tersebut disalurkan kepada calon mitra binaan PKBL KBN.

Acara ini dihadiri petinggi KBN, diantaranya Direktur Keuangan KBN, Daly Mulyana dan Fitriani selaku Manager PKBL KBN, serta calon mitra binaan.

Dalam acara periode IV penyaluran dana PKBL di tahun 2019 ini PT. KBN (Persero) kembali menyasar Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Di periode keempat tahun 2019, PT. KBN (Persero) menggulirkan dana PKBL sebesar Rp. 2.327.500.000 yang disalurkan kepada 93 calon mitra binaan yang memiliki bidang usaha Perdagangan, Pertanian dan Jasa.

Manager PKBL PT. KBN (Persero), Fitriani mengungkapkan jika penyaluran dana ini akan diberikan kepada pelaku UMKM di wilayah Jakarta Utara, Bekasi dan sekitarnya. “Daerah yang akan disalurkan ini diutamakan di sekeliling PT.KBN, yaitu Jakarta Utara paling besar. Sisanya daerah Bekasi dan sekitarnya,” katanya.

Sementara itu Fitriani menambahkan untuk nilai pinjaman paling besar di tahun ini, senilai Rp 50 juta atas pinjaman yang keempat.

Dalam acara tersebut juga tak hanya menyalurkan dana pinjaman semata namun juga sekaligus menggelar acara edukasi kepada calon mitra binaan PKBL PT. KBN (Persero), untuk dapat mengembangkan dan mengelola dana usahanya. Dalam edukasi teresbut calon mitra binaan PKBL medapatkan edukasi mengenai Perdagangan, cara memasarkan barang dagangannya secara online, pembukuan sederhana keuangan dan strategi menangkap peluang pasar untuk pelaku UMKM.

Pada saat menyampaikan materi untuk para calon binaan PKBL, Direktur Keuangan PT. KBN Daly Mulyana menjelaskan mengenai program PKBL yang sangat membantu para pelaku UMKM terutama bagi mereka yang tidak bankable sehingga tidak mudah diberikan pinjaman bank. Karena terkendala jaminan, terkendala omset, terkendala tempat tinggal, dan masih banyak lagi faktor yang mempengaruhi.

“Program ini sebetulnya kita membantu para pelaku UKM yang terhalang kendala tersebut dengan hanya bunga 3% saja. Oleh karena itu diharapkan bapak dan ibu bisa menjalankan usahanya dengan baik, berkembang, tumbuh, sehingga memberikan kontribusi kepada masyarakat sekitar. Nah itulah yang sebetulnya dititipkan dari kementerian kepada kita untuk disalurkan kepada bapak ibu,” papar Daly Mulyana kepada peserta yang menghadiri kegiatan tersebut.

Daly juga menyampaikan harapannya dengan pinjaman ini para usaha UMKM dapat berkembang, bisa menambah omset, menambah pegawai, buka cabang sehingga perusahaan terus tumbuh dan dapat mensejahterakan masyarakat. 

Nilai plus lainnya yang akan diperoleh para binaan PKBL ini mereka tidak hanya akan diberikan bantuan berupa dana saja, tetapi juga disertai dengan pembinaan untuk mengembangkan usahanya.

“KBN itu selalu berperinsip bahwa yang namanya konsumen itulah yang menggaji kita. Harapan KBN adalah ketika bapak-bapak sudah bekerja dengan baik, berusaha dengan baik, cicilannya lancar itu yang penting. Karena kalau cicilannya lancar itu bisa mendapatkan 3-4 kali pinjaman dengan budget yang lebih besar,” lanjut Daly.

Tak berhenti sampai di situ, privilege lainnya yang akan didapatkan oleh para binaan PKBL KBN bagi para nasabah yang melakukan pembayaran secara lancar, usahanya maju, maka tim KBN akan memberikan penghargaan.

“Selain itu kita juga akan membawa nasabah yang berprestasi untuk jalan-jalan melihat pelaku usaha kecil yang maju di daerah yang dikunjungi, sebagai bahan referensi dan menginspirasi nasabah KBN. Sehingga KBN mampu menciptakan mitra binaan yang unggul,” pungkasnya.

KBN akan terus mendorong agar UMKM yang menjadi mitra terus semakin maju. Sasaran ke depannya tentu agar semua UMKM binaan dapat 'naik level' usaha semakin maju, omset naik, dan keuntungan yang didapat juga terus meningkat, sehingga dapat menyerap tenaga kerja yang lebih besar. Setiap tahun KBN terus berupaya meningkatkan angka penyaluran dana bergulir sesuai dengan tingkat keuntungan yang diperoleh PT KBN.

Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT KBN (Persero) senantiasa memberikan kontribusi untuk ikut mensejahterakan masyarakat sekitar melalui Program Kemitraan & Bina Lingkungan sesuai dengan tagline BUMN Hadir Untuk Negeri. (*)