Bedah Rumah Veteran di Jakarta dan Jawa Barat

blog post

Bedah Rumah Vetaran merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh lima perusahaan BUMN dalam rangka merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di Jakarta. Lima BUMN tersebut adalah PT Pupuk Indonesia (Persero) sebagai Koordinator pelaksanaan program BUMN Hadir Untuk Negeri, bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan  PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero).

Dalam program Bedah Rumah Vetaran ini, sebanyak 48 orang veteran pejuang kemerdekaan di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat mendapatkan bantuan renovasi rumah. Kegiatan ini dilakukan berdasarkan survey kepada 48 rumah milik veteran yang didapati sebagian besar dari rumah tersebut tidak memiliki lantai, dinding, atap, dan fasilitas MCK yang layak dan perlu segera diperbaiki.

Biaya renovasi setiap rumah diperkirakan sekitar Rp40 juta per rumah dan dalam pelaksanaanya akan dibantu dan dilakukan oleh tim dari Kodam Jaya dan Kodam Siliwangi.

Program yang sudah selesai dilaksanakan adalah Siswa Mengenal Nusantara (SMN). Dalam program tersebut, PT Pupuk Indonesia (Persero) bersama PT Kawasan Berikat Nusantara (Persero), PT Sarinah (Persero), PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (Persero), dan PT Perusahan Pengelolaan Aset (Persero) menerima sebanyak 20 siswa yang berasal dari Provinsi Kalimantan Timur untuk melaksanakan program kegiatan SMN di Provinsi DKI Jakarta.

Serta mengirimkan 25 siswa-siswi asal DKI Jakarta yang berprestasi dan telah menjalani seleksi di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan pertukaran pelajar ini selama tujuh hari di Kalimantan Timur. Kedua Provinsi saling bertukar pelajar selama sepekan untuk saling mempelajari budaya dan potensi daerah masing-masing dalam program Siswa Mengenal Nusantara. (*)